Asyiknya Berwisata ke Taman Pintar
Setelah memasuki musium
Musium Vredeburg para siswa dibimbing
untuk langsung masuk di gedung taman
Pintar yang hanya bertetangga dengan musium
tersebut. Disebut "Taman
Pintar", karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah
sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal
materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus
berekreasi. Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan
science kepada
siswa mulai dari dini, harapan lebih luas
kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran
eksploitasi
pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi
sendiri.siswa mulai dari dini, harapan lebih luas
kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran
Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama
Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia
menuju era tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang
patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.
patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.
Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian
terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk
Pembangunan Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung. Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan
"Taman Pintar". Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya,
"Taman Pintar". Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya,
·
Pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD
Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas,
Bambang Soedibyo.
· Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.
· Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.
·
Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden
dan Gedung Memorabilia.
Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand , Susilo Bambang Yudhoyono.
Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI
Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI
Lokasi Taman Pintar Yogyakarta
Lokasi Taman Pintar Yogyakarta
terletak di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta. Taman
Pintar berdekatan dengan Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Shoping.
Wahana di Taman Pintar
Yogyakarta
Play Ground
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
Tapak Presiden Republik Indonesia, Gong Perdamaian, Taman Air Menari, Koridor Air, Desaku Permai, Spektrum Warna, Dinding Berdendang, Sistem Katrol, Forum Batu, Parabola Berbisik, Rumah Batik, Rumah Gerabah, Wahana Bahari
Gedung Paud
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang
disediakan antara lain:
Ruang Computer Kids ; Ruang Petualangan ; Ruang Profesi ; Ruang Pertunjukan ; Ruang Perpustakaan Anak ; Ruang Religi dan Budaya ; Ruang Susun Balok
The Adventure of Science
Gedung Oval
Lantai 1
Lantai ini menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan. Adapun beberapa wahana yang disediakan antara lain:
Aquarium air tawar, Dome Area,
Kehidupan Prasejarah, Titian Sains, Harmoni Alam, Sistem Tata Surya
Lantai 2
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:
Zona Ilmu Bumi, TV Cube, Zona Teknologi Konstruksi, Zona Teknologi Mesin dan Energi, Zona Teknologi Telekomunikasi, Zona Nuklir, Zona Kelistrikan, Zona Teknologi Komputer.
Gedung Kotak
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang
fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:
Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:
Exhibition Hall, Ruang Audio Visual, Radio Anak Jogja, Food Court, Souvenir Counter, Amusement Center
Lantai 2
Lantai ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Beberapa zona yang disediakan antara lain:
Zona pengolahan minyak dan gas bumi, Zona agro, Zona air untuk kehidupan, Zona warisan leluhur
Zona teknologi pengolahan susu, Zona teknologi informasi dan komunikasi
Zona teknologi otomotif roda dua
Lantai 3
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:
Wahana Animasi, Zona Science and Technology, Theater 4 Dimensi
Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:
Sejarah kesultanan Yogyakarta, Sejarah tokoh pendidikan nasional dan Sejarah presiden R.I.
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
Tapak Presiden Republik Indonesia, Gong Perdamaian, Taman Air Menari, Koridor Air, Desaku Permai, Spektrum Warna, Dinding Berdendang, Sistem Katrol, Forum Batu, Parabola Berbisik, Rumah Batik, Rumah Gerabah, Wahana Bahari
Gedung Paud
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang
disediakan antara lain:
Ruang Computer Kids ; Ruang Petualangan ; Ruang Profesi ; Ruang Pertunjukan ; Ruang Perpustakaan Anak ; Ruang Religi dan Budaya ; Ruang Susun Balok
The Adventure of Science
Gedung Oval
Lantai 1
Lantai ini menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan. Adapun beberapa wahana yang disediakan antara lain:
Aquarium air tawar, Dome Area,
Kehidupan Prasejarah, Titian Sains, Harmoni Alam, Sistem Tata Surya
Lantai 2
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:
Zona Ilmu Bumi, TV Cube, Zona Teknologi Konstruksi, Zona Teknologi Mesin dan Energi, Zona Teknologi Telekomunikasi, Zona Nuklir, Zona Kelistrikan, Zona Teknologi Komputer.
Gedung Kotak
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang
fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:
Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:
Exhibition Hall, Ruang Audio Visual, Radio Anak Jogja, Food Court, Souvenir Counter, Amusement Center
Lantai 2
Lantai ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Beberapa zona yang disediakan antara lain:
Zona pengolahan minyak dan gas bumi, Zona agro, Zona air untuk kehidupan, Zona warisan leluhur
Zona teknologi pengolahan susu, Zona teknologi informasi dan komunikasi
Zona teknologi otomotif roda dua
Lantai 3
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:
Wahana Animasi, Zona Science and Technology, Theater 4 Dimensi
Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:
Sejarah kesultanan Yogyakarta, Sejarah tokoh pendidikan nasional dan Sejarah presiden R.I.
Semoga dengan
datangnya para siswa SMPN 4 Rancah ke Taman pintar ini akan menjadi lebih pintar karena
mendapatkan berbagai macam pengetahuan yang ada di sekolah dengan cara
melakukan pengamatan secara langsung, sehingga ade-ade pelajar akan lebih mudah
mencerna pengetahuan tersebut. Sekian wisata Taman Pintar di kota Yogyakarta
semoga manfaat. Kita kembali ke Bis
Wisata yang membawwa kita dari
rancah... Maju Lancar.... Silakan
kamu di Bis nomor berapa duduknya...??
** (Azkos-HJ)
Bersambung...... silakan baca bag-5
Referensi :
https://id.wikipedia.org
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !